Layanan Online Dinsos

“Sinyaman Dinsosku” (Sistem Pelayanan yang Mantap untuk Masyarakat dari Dinas Sosial Kuningan) – Di Desa Aja…

 

LATAR BELAKANG INOVASI PELAYANAN ONLINE “SINYAMAN DINSOSKU”

Kondisi sosial dari sebagian besar masyarakat Kabupaten Kuningan masih belum tersentuh oleh perubahan yang berarti. Letak geografis Kabupaten Kuningan yang bervariatif berbukit serta jarak tempuh yang jauh tentu akan membuat masyarakat yang membutuhkan  pelayanan tersebut  harus mengeluarkan biaya transfortasi yang sangat besar yang memberatkan masyarakat yang berasal dari keluarga miskin. Dengan adanya SINYAMAN DINSOSKU, dapat mempermudah akses keluarga miskin untuk menjangkau program pelayanan yang ada karena sudah terintegrasi dengan beberapa dinas terkait yang berkompeten seperti Dinas kesehatan, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Pendidikan, Rumah Sakit Pemerintah dan Swasta dan kantor BPJS yang sudah memiliki Akun sendiri untuk memudahkan akses Pemerlu Pelayanan kesejahteraan Sosial PPKS) menjangkau pelayanan dengan efisiensi biaya.

Kondisi tersebut  antara lain ditandai dengan berbagai hal seperti :

  1. Masih ada PPKS yang belum tersentuh pelayanan
  2. Masih tingginya jumlah keluarga fakir miskin
  3. Kesiapan dan kemauan (motivasi) para Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial untuk mendapatkan pelayanan sosial.
  4. Masih perlu mengoptimalkan sistem rujukan terhadap Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial.

MAKSUD DAN TUJUAN INOVASI PELAYANAN ONLINE “SINYAMAN DINSOSKU’

Maksud

Sistem Pelayanan Mantap Untuk Masyarakat dari Dinas Sosial Kuningan (Sinyaman Dinsosku) adalah Sistem Pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Kuningan kepada masyarakat Kuningan yang bersumber dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) yang membutuhkan pelayanan, surat keterangan miskin, surat keterangan terdaftar dalam DTKS, surat keterangan terdaftar dalam data PBI-JKN, dan mandiri, surat keterangan Jamkesda, surat pelayanan rawat dirumah sakit,  surat keterangan lainnya yang dibutuhkan oleh masyarakat dari Dinas Sosial Kabupaten Kuningan.

Tujuan

Sistem Pelayanan Mantap untuk Masyarakat dari Dinas Sosial Kuningan (Sinyaman Dinsosku)bertujuan untuk:

  • Meningkatkan pelayanan yang maksimal bagi masyarakat Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial
  • Mewujudkan kesejahteraan bagi masyarakat Pemerlu Pelayanan kesejahteraan Sosial
  • Melindungi masyarakat Pemerlu Pelayanan kesejahteraan Sosial
  • Memberikan kemudahan dan dapat mempercepat dalam proses pembuatan dokumen yang dibutuhkan oleh masyarakat
  • Memudahkan dalam hal pengurusan dan monitoring apabila ada kesalahan
  • Masyarakat tidak perlu datang ke Dinas Sosial jika membutuhkan pelayanan pengecekan DTKS, PBI-JKN, SKM, Usulan Bansos ( PKH,BLT, BPNT,), Rujukan Jamkesda dll, cukup datang ke desa saja.

DESKRIPSI INOVASI

Sinyaman Dinsosku merupakan salah satu upaya dari Pemerintah Kabupaten Kuningan melalui Dinas Sosial dalam rangka untuk memudahkan pemberian berbagai pelayanan bagi masyarakat dari pola masyarakat yang mendatangi Dinas Sosial secara offline dirubah menjadi sistem pelayan online, dimana masyarakat cukup datang ke balai desa dengan mendatangi petugas operator SIKS-NG, untuk megajukan permohonan program pelayanan yang dibutuhkan yang selanjutnya diproses secara online.

Adapun jenis  pelayanan dalam SINYAMAN DINSOSKU untuk tahap awal pelayanan yang dilaksanakan meliputi :

  1. Pelayanan DTKS untuk mengecek dan terdaftar dalam DTKS sebagai syarat untuk memperoleh pelayanan yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Kuningan

Rujukan :  Surat Keterangan Miskin / SKM untuk persyaratan terkait pelayanan JAMKESDA, pelayanan terdaftar dalam PBI-JKN (Penerima Bantuan Iuran – Jaminan Kesehatan Nasional), pelayanan Reaktivasi PBI-JKN, Pelayanan Update Data Kematian peserta PBI-JKN, pelayanan Rekomendasi KIP (Kartu Indonesia Pintar – Program Kemendikbutristek).

  1. Untuk tahap selanjutnya jenis pelayanan untuk SINYAMAN DINSOSKU akan  dilaksanakan pelayanan  untuk  program Rutilahu, Penyandang Disabilitas, Lanjut Usia Terlantar serta Pemerlu Pelayanan  Kesejahteraan Sosial (PMKS) Lainnya serta konten-konten kebutuhan pelayanan sosial, maupun kebutuhan  pelayanan sosial untuk daerah lainnya.